Sejarah Permen Karet

Permen Karet

Permen karet adalah permen kunyah yang lengket dan dapat dibuat seperti gelembung. Permen karet memiliki banyak rasa dan warna dan disukai anak-anak. Permen karet kebanyakan memiliki sifat lengket, dapat menggelembung, dan tidak dapat ditelan. Dulu saya tidak tahu kenapa permen karet tidak boleh ditelan. Tapi seiring berjalannya waktu, saya mulai mengerti mengapa permen karet tidak boleh ditelan. Kembali ke permasalahan, permen karet yang cenderung disukai anak-anak adalah permen karet yang tidak lengket seperti merk Hubba Bubba.

Sejarah

Menurut cerita/artikel yang saya baca, sejarah permen karet belum secara jelas diungkapkan.  Tapi, bukti sejarah tertua ditemukan pada tahun 1993 oleh para arkeolog berupa tiga gumpalan uang berisi pemanis madu yang telah berusia 9000 tahun yang dikunyah oleh para pemburu Swedia.  Akan tetapi bagi masyarakat Yunani Kuno, mengunyah permen karet merupakan kebiasaan yang umum di masyarakat. Mereka mengunyah sebuah damar dari pohon mastic yang berasal dari Turki. Sementara itu di Amerika Utara, penduduk asli mempunyai kebiasaan mengunyah substansi yang dibuat dari damar pohon cemara yang terus dilanjutkan secara turun temurun hingga awal abad ke-19 yang kemudian diganti dengan parafin.

Jenis-jenis Permen Karet

  • Gum Balls – berbentuk seperti bola dan dilapisi. Ini adalah paling sering dijual di mesin permen karet. Di Britania Raya sering disebut sebagai ‘Screwballs’, seperti yang biasa terdapat di dasar es krim. Di AS, mereka dikenal sebagai “Gum Balls”.
Gum Balls
  • Bubblegum – dibuat dengan karakteristik agar dapat menghasilkan gelembung ketika ditiup.
  • Sugarfree gum – dibuat dengan pemanis buatan.
  • Permen & Gum kombinasi – terutama permen karet yang ditemukan di dalam beberapa jenis permen lolipop, seperti Charm Blow Pops.
  • Center Filled Gum – bola karet yang terbentuk di sekitar pusat permen karet yang lembut atau cair.
  • Slab Gum Cut & Wrap Gum – merujuk kepada nama mesin yang membungkus permen karet jenis ini, biasanya dalam bentuk bongkahan, kubus, atau bentuk silinder.
  • Permen Karet fungsional – sebuah permen karet dengan fungsi praktis. Vibe Energy Gum, misalnya, menggunakan permen karet sebagai sistem pengiriman kafein, ginseng, guarana, dan green tea.
  • Permen Karet Obat – permen karet yang bertindak sebagai sistem pengiriman untuk menambahkan obat ke dalam air liur, dengan menggunakan cara ini, obat akan lebih cepat masuk ke dalam aliran darah daripada pil.
  • Permen Karet Bubuk – mengalir bebas dalam bentuk bubuk atau bubuk yang dipadatkan menjadi bentuk yang unik.
  • Permen Karet Stik – berbentuk persegi panjang, tipis, datar, dan seperti lempengan.
Jadi, sekian artikel ini saya buat terima kasih.
Selamat membaca……


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s