Bahaya Rokok

Saat ini, kita banyak menjumpai orang-orang yang merokok, bahkan tak jarang kita temukan remaja sekarang yang merokok.  Rokok dibuat dari lintingan daun tembakau (Nicotania tabacum). Sampai tahun 1920-an rokok dikenal sebagai penenang bagi perokok dari kecemasan dan stress.  Baru setelah 70 tahun baru diketahui dampak negatif dari rokok.  Rokok bisa dikatakan sebagai “pabrik kimia mini”.  Saat sebuah rokok dibakar, kurang lebih 4000 bahan kimia dihasilkan dan sebagian dari bahan kimia tersebut membahayakan kesehatan tubuh.

Senyawa-Senyawa yang Merugikan dalam Rokok

  1. Nikotin : menyebabkan kecanduan, merusak jaringan otak, menyebabkan darah mudah membeku, menyebabkan penyempitan pembuluh nadi.
  2. Tar : Membunuh sel dalam saluran udara dan paru-paru, meningkatkan produksi lendir di dalam paru-paru, menyebabkan kanker paru-paru.
  3. Karbon Monoksida (CO) : Mengikat hemoglobin sehingga tubuh kekurangan oksigen.
  4. Bahan kimia pemicu kanker (karsinogen) : memicu pertumbuhan sel-sel kanker dalam tubuh.
  5. Bahan kimia pengganggu : Mengotori saluran udara dan kantong udara dalam paru-paru, menyebabkan batuk.

Tar merupakan kumpulan dari ratusan bahkan ribuan bahan kimia dalam komponen pada asap rokok setelah dikurangi nikotin dan air.  Tar juga mengandung bahan-bahan karsinogen (penyebab kanker).  Nikotin merupakan bahan kimia aktif yang mampu mebuat seseorang kecanduan.  Daun tembakai mengandung 1-3% nikotin.

Penyakit yang disebabkan Rokok

Merokok dapat memberikan dampak buruk pada kesehatan di hampir seluruh bagian tubuh, mulai dari otak, paru-paru, jantung.  Berikut penyakit-penyakit yang disebakan rokok :

1. Kanker Paru-paru

Penyakit ini disebabkan oleh rokok.  Salah satu zat dalam rokok yang dapat menyebabkan kanker adalah Tar.  Seorang perokok yang menghisap rokok dalam jangka lama maka dalam paru-parunya akan terjadi perubahan.  Seorang perokok memiliki kemungkinan 4-14 kali lebih tinggi mendapat serangan kanker paru-paru daripada seseorang yang bukan perokok.

Gambar Paru-paru Sehat

Gambar Paru-paru yang terkena Kanker

2. Penyakit Jantung

Penyakit jantung disebabkan oleh nikotin dan gas karbon monoksida yang ada dalam rokok.  Asap rokok mengandung 1-3% nikotin.  Jika asap rokok tersebut diisap, kadar nikotin dalam darah sekitar 40-50 mg/ml.  Nikotin dapat menyebabkan darh mudah membeku sehingga dinding pembuluh darah rusak dan tersumbat lemak.  Untuk mempertahankan aliran darah, jantung harus memompa darah lebih kuat dan cepat.  Aliran darah sedikit menyebabkan serangan jantung.

Karbon moksida dalam darah dapat menyebabkan oksigen dalam darah sedikit.  Oleh sebab itu Hemoglobinlebih suka berikatan dengan karbon monoksida daripada oksigen.  Untuk mendapatkan suplai oksigen yang banyak, jantung harus bekrja lebih keras.  Hal tersebut dapat mengakibatkan serangan jantung.  Hampir seperempat kematian penderita penyakit jantung disebabkan rokok.

3.  Kehamilan

Pengaruh rokok juga dapat mempengaruhi bayi dalam kandungan.  Wanita hamil yang merokok lebih banyak melahirkan bayi meniggal daripada bukan perokok.  Berat badan bayi dari ibu perokok pada umumnya kurang dan mudah sakit.  Hal itu dterjadi karena seluruh zat yang melewati pembuluh darah ibu juga masuk ke pembuluh darah bayi dalam kandungan.  Rokok yang diisap ibu akan mengganggu oksigenisasi di tubuh janin karena karbon monoksida masuk ke peredaran darah janin.

4. Penyakit lainnya

  • Emfisema : rusaknya paru-paru dan meningkatnya kecepatan dan frekuensi bernafas dan disertai rasa nyeri.
  • Bronkitis : Produksi lendir berlebihan dalam paru-paru karena adanya tar dapat menyebabkan seorang batuk terus-menerus.  Selanjutnya, mengakibatkan saluran bronkia meradang dan teriritasi
  • Selainitu perokok pasif memiliki 30% kemungkinan lebih tinggi terkena kanker paru-paru daripada perokok aktif

Ciri Fisik Perokok

  1. Gigi kuning disebabkan nikotin.
  2. Bibir kehitam-hitaman.
  3. Kuku kekuning-kuningan(kotor) yang disebabkan oleh nikotin.
  4. Mata pedih
  5. Badan, napas, mulut bau rokok.
  6. Sering batuk-batuk

Kerugian Rokok Lainnya

1. Segi Lingkungan

Asap rokok dapat menyebabkan kerusakan pada lingkungan.  Gas Karbon Monoksida dapat menambah Pemanasan Global (Global Warming)

2. Segi Sosial

Sebagian orang yang merokok kebanyakan dapat melakukan tindakan kriminal.  Contohnya saat seseorang telah kehabisan rokok, dan orang tersebut tidak memiliki uang, ia akan berusaha mendapatkan rokok bagaimanapun caranya, misalnya mencuri dan sebagainya.

Jadi mulai sekarang kita harus berhenti merokok, STOP SMOKING

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s